Posted by: arfebrina | April 1, 2014

The Grey Beijing

Heiho, Temans!!

I know that I haven’t posted anything these recent months, but this will be a very quick post.

Jadi, teman saya baru saja kembali dari Beijing dan dia bilang tingkat polusi di Beijing sudah mencapai tingkat yang tidak wajar. Semua orang pakai masker kemana-mana dan udara sangat-sangat berkabut jika tidak mau dibilang berasap. Sekarang sudah bulan April, yang artinya sudah memasuki musim semi, tapi melihat keadaan Beijing yang sekarang saya ragu bunga-bunga akan bermekaran.

Kilas balik ke tahun 2008-2010, Beijing juga sudah terkenal dengan polusinya ketika saya di sana, terutama ketika musim dingin. Langit selalu berwarna kelabu dan asap membumbung di mana-mana. Asap tersebut mungkin dikarenakan pembakaran untuk sistem pemanas selama musim dingin tersebut, jadi pertama-tama masih bisa dimaklumi. Tetapi, ketika bahkan pada musim semi dan panas langit Beijing bahkan tidak memiliki awan, saya jadi berpikir apa sebenarnya yang sedang terjadi dengan kota ini. Langit kelabu, udara yang kering dan bahkan suhu udara yang tidak wajar ketika musim panas.

Penduduk lokal jika ditanya tentang langit Beijing yang kelabu hanya menjawab bahwa itu karena polusi, tapi mereka menolak menjelaskan polusi apa yang dimaksud. Padahal sepengetahuan saya, tidak ada pabrik di Beijing dan kendaraan di Beijing juga sedikit karena ada sistem ganjil genap. Kebanyakkan penduduk juga mengendari sepeda dan subway yang jelas-jelas tidak berpolusi. Jadi, ada apa dengan Beijing?

Yah, apapun penyebab kabut kelabu di Beijing, ini jelas-jelas berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Mungkin ini bisa jadi pembelajaran untuk penduduk Indonesia, terutama Jakarta dan Riau (yang akhir-akhir ini mengalami hal yang hampir sama). Negara ini milik kita dan oleh karena itu lingkungannya juga perlu kita jaga.

Yang hari ini pakai masker karena pilek,

Febi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: