Posted by: arfebrina | January 10, 2014

IMHO : Enjoyable Movie 2013

HeiHo, temans!

Jadi, sebagaimana saya melakukannya tiap tahun, kali ini saya kembali akan memberikan list film yang saya tonton pada tahun 2013 dan yang saya sangat nikmati. Berikut ini adalah daftarnya dan tidak menindikasikan urutan apapun, cuma yang kebetulan saya ingat aja. Hehehe… Yosh! Ikimashouuu!!

django-unchained-international-poster-la-10-23-12 1. Django Unchained

Ya, saya tahu ini adalah film rilisan tahun 2012, tapi baru sampai di bioskop Indonesia pada tahun 2013, makanya saya masukkan di list ini. Film ini brutal dan berdarah-darah sampai akhir dan saya memang sangat menyukai film-film seperti ini. Ditambah dengan dialog-dialog yang fun namun terdengar keren dan Leonardo Dicaprio in his first antagonist role (yang sayangnya being snubbed by Oscar), film Tarantino ini jelas salah satu yang sangat saya nikmati.

 

TalkAboutLove-thumb-300xauto-358252. What They Don’t Talk About When They Talk About Love

Untuk tipe penonton mainstream yang nonton bioskop hanya untuk menikmati tanpa perlu terlibat terlalu jauh ke dalam filmnya, film ini mungkin membosankan dan tidak berarti. Tetapi, untuk saya film ini sangat unik, menyenangkan dan mampu membuat saya terhanyut hingga senyum-senyum sendiri. Sebuah film berbeda hasil karya Indonesia yang juga berkompetisi di Sundance yang seharusnya mendapatkan antisipasi lebih dari bangsa sendiri.

 

the great gatsby3. The Great Gatsby

Terlepas dari saya adalah fans Leonardo DiCaprio, film ini benar-benar menyenangkan untuk dilihat. Terutama dengan semua pesta dan those beautiful art deco dresses. Ceritanya sederhana namun mampu menimbulkan banyak persepektif. Meski terkadang terasa berlebihan, The Great Gatsby adalah film yang memanjakan mata dengan visualisasi indahnya.

 

japanPacRim4. Pacific Rim

Banyak yang menyamakan film ini dengan Transformers karena sama-sama memakai formula Big Robot + Small Story. Tapi menurut saya Pacific Rim jauh berada di atas Transformer. Kenapa? Karena lawan robot-robot di Pacific Rim adalah Kaiju (big monster) dan those robots can fight with sword!! Need I say more?

 

startrek_intodarkness_illo_fin1_s_edit_725. Star Trek Into Darkness

Film ini memberikan semua yang saya mau untuk film box office: ledakan, pertarungan yang seru dan super villain as played perfectly by Benedict Cumberbatch. Long live and Prosper!

 

 

the-great-passage-fune-wo-amu.152126. Fune Wo Amu

Tidak banyak film Jepang yang saya tonton di tahun 2013, alasannya terutama karena susah nyarinya. Beruntunglah suatu site memberikan kesempatan saya untuk streaming film ini. Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang pemuda pemalu untuk membuat kamus terbaik dengan diselingi sedikit romansa. Sederhana, manis dan heartwarming. Tidak heran Jepang memilih film ini sebagai wakilnya untuk Oscar’s best foreign movie.

 

this_is_the_end_xlg7. This is The End

Film ini menarik karena menceritakan actor-actor terkenal (Seth Rogen, Jay Baruchel, Jonah Hill, James Franco, dll) berperang melawan apocalypse. Penuh dialog lucu, aksi konyol dan bahkan possession ala Exorcist, film ini membuat saya tertawa tanpa henti dari awal sampai akhir.

 

 

TENGGELAMNYA-KAPAL-VAN-DER-WIJCK18. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk

Meskipun dengan kekurangan di sana-sini, film ini jelas adalah film termegah yang dimiliki oleh Indonesia saat ini. Dengan acting pemerannya yang apik dan tim produksi yang mampu menterjemahkan novel gubahan Buya Hamka ini dengan baik, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk jelas pantas diapresiasi.

 

 

lesson-of-the-evil

9. Lesson of The Evil

Satu lagi film rilisan 2012 yang baru saya tonton tahun 2013. Permulaan film ini memang lamban, tetapi jangan berani berkedip ketika si tokoh utama mulai memegang shot gun. Penuh darah, kelam dan seru… It surely enjoyable!

 

 

silver lining playbook

10. Silver Lining Playbook

Film ini membawa a cute boy Bradley Cooper jadi nominasi Oscar dan bahkan memberikan Jen Law Oscar for Best Actress. Ketika melihat filmnya sampai habis, saya sangat mengerti kenapa film ini Oscar worthy. Such a heartwarming drama that makes you smile in the end. Oh, and the kiss in the end is amazing!

 

Another notable movie to be listed adalah Catching Fire, Frozen dan Now You See Me, yang sayang tidak saya sebutkan di atas karena belum cukup membuat saya merasa terikat dengannya. Dan, yang mempertanyakan kenapa The Hobbits Desolation of Smaug tidak masuk, eng, well, saya sangat menikmati Legolas dan semua aksinya, tetapi it’s too draggy!! Semerdu-merdunya suara Benedict Cumberbatch, tapi si Smaug terlalu cerewet untuk ukuran naga jahat.

Juga yang mempertanyakan kenapa enggak ada Iron Man dan Thor atau Superman atau film samurai ala Hollywood itu… oh, please, are you seriously asking that?

So, do you have any addition for that movie list? Feel free to spill it up in the comment box below!

Cheers Temans,

Febi


Leave a Reply

Categories

