Posted by: arfebrina | March 13, 2013

Jalan-jalan Mengitari Beijing : Tempat Wisata

HEYHOO, Temans!!

Jadi, sebagaimana disarankan oleh WordPress, tampaknya postingan saya yang paling banyak dikunjungi adalah mengenai belanja di Beijing. So, this time, also based on my friend request, saya akan membahas mengenai tempat-tempat wisata terkenal yang ada di Beijing. Here it goes!

1. Kompleks Tian An Men dan Forbidden City/ Go Gong

Kedua tempat ini paling gampang dituju karena letaknya bersebarangan. Tinggal naik subway line 1 dan anda sekalian bisa turun di West atau East Tian’An Men untuk mencapai tempat ini. Di Tian’An Men, selain foto-foto di tanah lapangnya dengan latar belakang foto raksasa Mao Zhidong dan gedung parlemen, bisa juga mengunjungi ‘makam’ Mao Zhidong (yang antrinya panjang bangeeeettt).

Di Forbidden City, sebenernya agak boring siih, soalnya klo enggak pake guide kita enggak akan tahu arti tiap gedungnya apa dan gedungnya itu banyaaak banget. Selain itu tempatnya juga besaaaaar banget. Di dalamnya juga ada beberapa museum, seperti museum jam dan museum keramik, hanya saja untuk masuk ke dalamnya ada biaya tambahan lagi.

Nah, di dekat kompleks ini ada juga National Centre for the Performing Arts Building yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Bentuk gedungnya seperti telur. Saran saya kunjungi gedung ini di malam hari karena cahaya lampunya membuat gedung ini terlihat lebih cantik.

Kalau mau jalan atau naik bus lebih jauh lagi, anda bisa sekalian mengunjungi kompleks perbelanjaan Wangfujing dan makan malam di Quanjude Beijing Kaoya.

2. Summer Palace / Yuan Ming Yuan

Seperti namanya, tempat ini paling enak dikunjungi ketika musim panas, apalagi saat bunga teratai di danau-nya mekar. Kita juga bisa menikmati bersantai di Long Corridor atau naik Dragon Boat mengelilingi danau. Kalau niat olahraga, bisa juga naik ke Pagoda-nya (yang biasanya saya skip karena terlena dengan udara sejuk di Long Corridor).

Selain Summer Palace yang utuh, ada juga reruntuhannya yang bisa dikunjungi, yaitu The Ruin of Yuan Ming Yuan. Kalau Summer Palace yang utuh sangat kental dengan arsitektur China klasik, reruntuhan Yuan Ming Yuan mempunyai unsur-unsur Victorian classic.

Karena dulu kampus saya dengan Summer Palace, saya sering ke tempat ini naik sepeda. Kalau mau naik bus ada bus no 331 dan 375, lalu bisa juga naik subway line 4.

3. Temple of Heaven / Tian Tan

Tempat wisata favorit saya! Selain karena di sini bisa berinteraksi dengan para Beijing’s Older native, Temple of Heaven enggak bikin capek jalan karena tempatnya enggak terlalu luas. Meski demikian, Temple of Heaven punya taman-taman indah dan tiga point utamanya mempunyai cerita yang menarik. Yang tidak boleh dilewatkan di Temple of Heaven selain 3 point utamanya adalah bermain dengan kakek nenek di koridor panjang sebelum pintu masuk, bisa main badminton ataupun dansa bersama.

Untuk menuju Temple of Heaven bisa menggunakan Subway line 5 dan turun di TianTanDongMen.

4. Complex of Olympic Stadium

Kompleks yang didirikan khusus untuk Olimpiade Beijing 2008 ini terdiri dari National Stadium yang berbentuk seperti Bird Nest, National Aquatics Centre yang tampak luarnya seperti sisik ikan, National Indoor Stadium dan Olympic Sport Centre. Saya mengunjungi kompleks ini pada akhir September, di mana angin berhembus sepoi-sepoi dan kebetulan langit Beijing sedang bagus. Saya juga pernah bermalam natal di sini, cuacanya dingin banget namun terbayar dengan pohon natal raksasa yang cantik dan lampu-lampu di stadium-stadium yang berwarna-warni.

Untuk mencapai tempat ini caranya gampang karena ada jalur subway khususnya, yaitu Line 8 dan turun di stasiun terakhir.

5. Badaling Great Wall

Badaling Great Wall adalah Great Wall yang paling banyak dikunjungi oleh turis karena medannya yang tidak terlalu berat seperti di Mutianyu atau Simatai apalagi Jinshanling. Di sini ada short course dan ada long course, kalau short course belok ke kiri dan long course ke kanan. Kebanyakkan orang akan mengambil long course karena dulu pernah dipakai shooting Jacky Chan dan dikunjungi Obama (alasan yang enggak nyambung.. err..). Lalu, selain berfoto dengan latar belakang tembok China yang termasyur, bisa juga berfoto dengan latar belakang bukit bertuliskan “Beijing Welcomes You” yang dulu dibuat untuk menyambut Olimpiade 2008.

Nah, untuk kalian yang berpikir bagaimana cara mencapai Badaling Great Wall tanpa naik taksi atau ikut tur yang mahal, ada cara murahnya kok. Pertama-tama naik Subway Line 2 dan turun di Jishuitan Station, lalu keluar di Exit A. Keluar lalu berbeloklah ke kiri untuk menuju Deshengmen Arrow Tower dimana anda akan naik bis no. 919 (warna hijau putih) untuk menuju Badaling. Biasanya akan ada semacam ibu-ibu kenek yang berteriak-teriak, “Badaling, Badaling!!”. Ongkos naik subway adalah 2 RMB (4 RMB roundway) dan naik bus 919 adalah 12 RMB one way (atau 4.8 RMB by Beijing Transportation Card). Bis ini akan berhenti sedikit jauh dari pintu masuk, anda harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai pintu masuknya.  

Untuk setiap tempat wisata yang saya sebutkan di atas, anda akan dikenakan biaya 20 – 65 RMB untuk tiket masuk, tergantung weekdays atau weekend. Kalau anda punya student card, biasanya bisa lebih murah setengah harga. Hehehe…

Untuk transport, ada yang namanya Beijing Transportation Card. Kartunya berwarna biru dan untuk pembelian pertama harganya sekitar 30 RMB, tapi belum termasuk isinya. Dengan kartu ini, naik bis bisa lebih murah sekitar 40% (harga tiket bis sekitar 0.2 – 1 RMB), tapi harganya sama saja untuk Subway (2 RMB)

Okay, untuk saat ini cukup sekian informasi yang saya berikan. Jika ada tempat wisata yang ingin dikunjungi di Beijing dan minta petunjuk arah dari saya, please ask by commenting below. Saya akan coba untuk mencari tahu dan menjawabnya.

Next issue adalah how to go to the shopping place!! So, stay tune!!

May the Force Be With You!

Febi


Responses

  1. Hallo mbak Febi..
    Trims atas info tempat wisata nya. Klo utk berkomunikasi sms & BBM sebaiknya kita pake provider indonesia (yg udah kerjasama dgn provider lokal) or beli kartu lokal? Brp harganya? Klo di Thailand beli kartu lokal rp.50rb utk BBM 3 hari. Trims ya atas info nya..

    • Hallo Mas Deny,

      Kalau untuk sms lebih murah pakai kartu provider lokal (ada China Mobile atau Unicom), soalnya kalau kartu Indonesia ada roaming (seinget saya Rp. 1000 untuk 1 kali sms).
      Waktu saya di sana, saya enggak pakai BB, jadi detailnya enggak tahu. Tapi kata teman saya yang pengguna BB, China Mobile menyediakan paket kuota 30 MB atau 50 MB / per bulan seharga 98 sampai 108 RMB.

      Semoga membantu, ya

      Terima Kasih

  2. Ui feb iseng ktemu blog u,ga nyangka gw u skul di cina,skolah apa? Tp ga pnh dger lu ngmg mandarin,bs mandarin?
    Hehe..
    Regards,

    • Eh ini Mimin beneran niiih?
      Iyah, saya pernah sekolah di China 2 taun: staun bahasa, staun ngambil Master di Qinghua… Hehehe…
      Abisnya loe kan mojok terus, min… mana denger gw ngomong Mandarin. xixxixi…

  3. dear febi, bln dpn tgl 18 aq brgkt ke beijing, rencana nginap 7 hari dan inginnya ke beijing n guilin. Km punya kenalan/pemandu wisata berbahasa indo utk menemani kami ber5 ? klo ada tlg info langsung lewat email aq yach. your quickly respond will be appreciated, tks a lot !


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: