Posted by: arfebrina | January 21, 2013

IMHO : Notable 2012 Movie List

The Raid (Indonesia). Rurouni Kenshin (Jepang), Modus Anomali (Indonesia)

The Raid (Indonesia). Rurouni Kenshin (Jepang), Modus Anomali (Indonesia)

Yosh!! Saya tahu saya telah meninggalkan blog ini dari bulan… eng… sorry, I lost my count. The point is… I’m back now…! Yaaaayy!!

Di awal tahun 2013 yang dingin ini (Jakarta memang lagi dingin di musim hujuan ini… Brrrr…), saya akan memberikan daftar film yang bagi saya sangat memorable (dalam artian yang baik) dan sangat saya nikmati sepanjang tahun 2012.

Daftar film berikut ini merupakan campuran dari segala jenis film yang saya tonton tahun 2012, enggak hanya film barat, tapi juga film Indonesia dan lainnya. Ikimashou!!

the raid1. The Raid

Seperti yang sudah pernah saya bahas di beberapa postingan sebelumnya, The Raid adalah film fantastic yang sangat menghibur. Biasanya saya sangat cerewet jika ada film tanpa plot yang jelas atau acting yang kaku. Namun, ketiadaan semua itu di The Raid digantikan dengan adegan action tanpa jeda yang membuat kita menarik nafas dan bahkan bertepuk tangan setiap kali Rama (Iko Uwais) selesai bertempur dengan musuh-musuhnya. Rasanya tidak sabar menunggu rilis sekuel film ini, Berandal, yang sudah mulai syuting bulan Januari ini.


Chronicle

2. Chronicle

Mungkin Chronicle tidak bisa dibandingkan dengan film-film superhero kelas atas lainnya, tapi Chronicle jelas jauh lebih membumi dengan permasalahan remaja yang cenderung lebih gelap. Mulai dari bullying, parenting and friendship. Sebuah film tidak biasa tentang kekuatan super yang sangat pantas mendapat apresiasi lebih.

 

TAS3. The Amazing Spiderman

If you have read my review about this movie, then you will completely understand why this movie is listed here. Dibandingkan Dark Night Rises yang kelam, The Amazing Spiderman jauh lebih menyenangkan. Dengan Peter Parker yang menurut saya jauh lebih segar, lebih lucu dan lebih fun! The Amazing Spiderman menjadi film superhero favorit saya tahun ini, terlepas dari kerennya The Avengers dan epic-nya Dark Night Rises.

 

Modus Anomali

4. Modus Anomali

Proudly present my favorite Indonesia movie of the year! Terlepas dari fakta bahwa saya follower Joko Anwar di twitter dan belum nonton Lovely Man, film seperti Modus Anomali adalah tipe film favorit saya. Membuat anda memutar otak dari awal sampai tengah film dan akhirnya mendapat kejutan tak terduga. Meskipun ada kekurangan, semisal bosan di tengah-tengah film, tapi percayalah, anda tidak akan menyesal ketika mengetahui endingnya.

 

ace attorney5. Ace Attorney

Jika biasanya film-film tentang pengadilan digambarkan kelam dan serius, tidak dengan Ace Attorney. Dengan kejenakaan khas Jepang, cerita yang penuh dengan twist dan gaya rambut yang aneh, Ace Attorney memikat dengan kekuatannya sendiri. A nice twist of Japanese cinema.

 

 

cabin6. Cabin in the Woods

Harus saya katakan saya bukanlah penggemar film slasher dengan formula itu-itu saja. Tapi, saya cukup bersenang-senang dengan apa yang ditampilkan oleh Cabin in the Woods. Selain karena sarkasme-nya dalam menyindir formula film horror yang sudah ada, film ini juga bagai reuni untuk segala makhluk horror yang pernah muncul, mulai dari Warewolf sampai Unicorn. Still cannot forget that elevator scene until now!

 

The Perks of Being a Wallflower

7. The Perks of Being Wallflower

I love the simplicity in this movie and how they make this movie feels so real and touching. Sangat terasa nuansa indie dan kelam-nya di beberapa adegan, tidak mengurangi betapa fun-nya film ini. Terutama aura friendship antara Charlie-Sam-Paul yang sangat terasa tanpa perlu mengumbar quotes semacam ‘best friend forever’ yang cheesy.

 

Rurouni Kenshin8. Rurouni Kenshin (aka Samurai X)

Harus dibilang film ini semakin mengukuhkan fakta bahwa Hollywood harus berhenti membuat live action dari anime / manga dan menyerahkannya kepada Jepang. Setelah Deathnote, Rurouni Kenshin adalah live action yang mampu mengcover eskpektasi fans tanpa harus menjadi terlalu komikal. Film ini terasa real dengan cerita dan karakterisasi yang dibangun dengan baik, adegan action yang membuat mata tak berkedip dan cast yang terasa pas di setiap lini. One of the best manga adaptations ever made!

Sepertinya tahun ini hanya ini yang dapat ‘menggugah’ saya. Film-film lain yang jadi talk-of-the-town seperti ‘Life of Pi’, ‘The Hobbits’, ‘Les Miserables’ dan ‘Lovely Man’ belum sempat saya tonton *crying hard*. Lalu, film yang saya ekspektasi tinggi seperti ‘Upside Down’ ternyata tidak membuat hati saya tergugah. Jadi, ada kemungkinan  list film di atas akan saya update lagi yaaa… Hehehe…

Do you like my list? Or, hate it? Disagree or agree? Anything you wanna add? Share with me in the comment box… =D

May the Force Be With You,

Febi


Leave a Reply

Categories

