Posted by: arfebrina | July 13, 2012

Summer in Beijing

HeyHoLioooo, Temans!!

Tak terasa kita sudah memasuki bulan July!! Waaah, waktu sungguh cepat berlalu, yaaa… Nah, dalam rangka memperingati masuk ke bulan July, saya mau cerita pengalaman saya melewati musim panas di Beijing.

Biasanya suhu udara di Beijing itu mulai memanas sekitar awal Juni, tapi yang paling gersang adalah sekitar akhir Juni sampai bulan Agustus. Saya sendiri biasanya pulang ke Indonesia pada pertengahan bulan Juli, jadi enggak pernah merasakan bulan Agustus yang gosipnya bahkan setetes air di jalan dapat menguap dalam hitungan detik. Suhu di Beijing pada musim panas biasanya berkisar antara 32 – 36 derajat celcius dan mencapai puncaknya hingga 42 derajat celcius. Tentu saja suhu udara seperti ini membuat kita malas keluar rumah karena terik matahari yang menyengat tanpa ampun.

Kalau summer dateng, biasanya saya lebih doyan berkubang di dalam kamar asrama saya. Selain ada AC yang bertiup sepoi-sepoi, males juga keluar karena matahari yang tega itu. Tapi sebenernya summer enak untuk jalan-jalan, karena cukup pake kaos dan celana pendek udah bisa keliling2 kampus sambil naik sepeda, main basket, atau mendaki Great Wall dari Jinshanling sampe Shimatai, seperti yang saya lakukan. Makanya begitu pulang ke Indonesia, komentar pertama mama sewaktu melihat saya adalah, “Anak mama kok keeling bangeettt!!”

Intinya banyak kegiatan yang susah untuk dilakukan ketika musim dingin jadi enak banget dilakukan di musim panas. Nah, untuk yang ingin menikmati Summer in Beijing berikut ini tips-tips untuk kalian:

Selalu bawa air minum kalau keluar rumah, apalagi kalau mau berwisata. Selain untuk menghindari dehidrasi karena cuaca panas, air minum di tempat wisata juga mahal.

  • Kalau memang tidak tahan panas, jangan lupa bawa payung. Payung yang dijual di Beijing mulai dari 10 RMB untuk yang hanya tahan seminggu, biasanya dijual di station Subway. Kalau memang suka koleksi payung, bisa beli payung cantik seharga 50 – 180 RMB di toko-toko terdekat.
  • Kunjungi Summer Palace dan Tian Dan Temple, konon katanya tempat ini memang dirancang untuk menikmati musim panas, jadi kalau kesana rasanya sejuk banget. Jangan lupa naik Perahu Naga di Summer Palace dan menari bersama kakek-nenek di long corridor Tian Dan temple.
  • Yang suka menikmati pemandangan bisa ke Long Qing Xia (Longqing George), di mana kita bisa naik kapal sambil menikmati pemandangan. Selain itu di sini juga bisa Bungee Jumping dari ujung tebing.
  • Untuk yang suka kota tua, bisa naik becak keliling-keliling Hutong dan have a nice lunch di Hutong Pizza. Atau, enjoy the night life di deretan bar-bar di Hutong
  • Untuk yang suka tantangan, cobain mendaki Great Wall dari Jinshanling sampe Shimatai sepanjang 32 check point dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam. Kebanyakkan dari Great Wall ini adalah reruntuhan yang belum direstorasi, jadi terkadang kita harus crawling bebatuan dan bahkan meloncati gap antar batu. SERU!!
  • Shopping!! Mall adalah tempat berlindung yang paling menyejukkan! Dan, biasanya ada Summer Sale di bulan Juni-July, terutama Uniqlo yang biasanya ngeluarin koleksi t-shirt yang keren-keren atau H&M yang summer collectionnya gak perlu diragukan lagi! Jadi belanja sebanyak-banyaknya is a must!

Namun terkadang Summer di Beijing bisa jadi sangat menyiksa, selain karena panas matahari ada beberapa hal lain yang harus diwaspadai ketika kalian ke Beijing pada saat musim panas:

The heat and the sweat. Percayalah, panas di Beijing itu benar-benar membuat kita mengeluarkan keringat dan percayalah bahwa tidak semua orang Beijing itu mandi atau memakai deodorant. Kalau ini, tempat yang harus diwaspadai adalah subway dan bus, karena bau keringat bercampur sesak benar-benar menghasilkan aroma yang sanggup membuat kita mengernyitkan hidung.

The naked belly guy. Di Beijing, terutama di daerah Hutong, banyak banget bapak-bapak gendut yang telanjang dada dan memperlihatkan perut buncit-nya yang berkeringat. Selain tidak enak dipandang mata bayangkan jika kita bersentuhan dengan perut buncit yang berkeringat itu… Hadeee…

Unshaved armpit. Kalau ini biasanya paling bikin ilfil para cowok. Waktu musim panas, banyak banget cewek-cewek yang pake tank top atau baju tanpa lengan, tetapi ketika ia mengangkat tangannya ternyata bulu ketek-nya belom dicukur!! Jeng jeng jeng jeng!! OMG!! Hal ini karena konon katanya jika seorang gadis mencukur bulu keteknya maka ia bukan gadis baik-baik. Yang paling mengerikan dari hal ini adalah ketika kita bertemu mereka di bus atau subway, kadang ketika bis atau subway berguncang, ketek mereka yang belum dicukur itu bisa mengenai kepala ataupun baju kita!! Iyuuuwwhh…

No AirCond after midnight. AC di tempat-tempat umum, seperti karaoke ataupun resto 24 jam akan berhenti pada jam 12 malam dan mulai menyala lagi jam 6 pagi. Mungkin yang tinggal di hotel tidak akan terkena imbasnya, tapi yang tinggal di apartment atau asrama yang menggunakan AC Central dijamin akan tidur dalam udara panas yang menyengat. AC sendiri akan mulai menyala pada bulan Mei.

Yak, sekian dari saya!! Mudah-mudahan informasi ini berguna untuk kalian yang sedang ingin menikmati libur musim panas di Beijing!!

May the Force Be with You

Febi


Responses

  1. […] postingan saya mengenai musim panas di Beijing, sebenarnya hal ini sudah saya singgung. Tapi, kali ini saya akan menceritakan pengalaman tidak […]

  2. ‎​♡τнänκ чöü ♥…;) nice

  3. hi, saya mau berangkat ke beijing akhir july ini, apakah bisa kasih advice untuk hotel di beijing yang murah dan bersih ? thanks before

    • Dear Mbak Natasya,
      Bisa coba di Xijiao Hotel, Mbak.
      Di daerah Wudaokou.
      Di sekelilingnya banyak makanan dan hanya 10 menit jalan kaki dr Subway

      Terima Kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: