Posted by: arfebrina | May 1, 2012

The Jambans Story in the Country of Curtain Bamboo fin.

Yak!!
Masih bersambung dari postingan sebelumnya, inilah daftar lanjutan tipe-tipe jamban di negara tirai bambu… Yihaaa…

4. Toilet Bubble

TINJA: B

Mereka mengklaim bahwa ini adalah toilet ramah lingkungan karena tidak menggunakan air, tapi menggunakan busa dan tanpa flush karena, katanya, kotoran akan ditelan oleh busa tersebut. Namun, yang mereka tidak pikirkan adalah ketika ada orang melepas si besar. Karena kecepatan busa untuk ‘menelan’ si besar lambat, makanya terkadang si besar itu masih mengapung-ngapung di atas busa-busa itu. Hal ini sempat membuat saya shock ketika melihatnya, diam sejenak, menutup pintu dengan slow motion dan jalan meninggalkan toilet itu dengan kaku terpaku. Toilet jenis ini saya temukan di sepanjang jalur pendakian gunung hua shan di kota Xian.

5. Toilet Baris

TINJA: A

Toilet jenis ini saya jumpai di stasiun kota Xi’an. Jadi toilet ini enggak ada pintunya dan gak ada jambannya, yang ada hanya saluran terbuka yang dialiri air dari belakang ke depan. Enggak peduli mau besar atau kecil, tetep aja buangnya di situ. Jadi kebayang donk kalo orang di belakang kita melepas si ‘besar’, maka si ‘besar’ itu juga akan mengalir ke tempat kita! Menjijikkan? Jangan tanya… Saya juga mau enggak mau menggunakan toilet ini karena kondisi perut saya yang tidak bisa kompromi kala itu.

6. Toilet Batu

TINJA: A+

Ini adalah jenis toilet yang berbahaya yang sebaiknya anda hindari dan kabur sejauh mungkin darinya. Saya bertemu toilet seperti ini dua kali, satu ketika mendaki shimatai great wall dan yang satu lagi di stasiun bis Hua Shan di Xian. Toilet ini hanya terdiri dari batu bata yang disusun memanjang seperti undak-undakan, disemen, di tengahnya diberi 3 atau 4 lubang dan di lubang itulah kita melakukan pelepasan si besar dan si kecil tanpa ada air ataupun saluran air. Jadi semua kotoran orang numpuk di situ. Kebayang? Kalau enggak, mendingan enggak usah dibayangin daripada mimpi buruk. Saya terpaksa menggunakan toilet jenis ini karena kebelet dan akan menempuh perjalanan jauh. Jadi daripada nahan dan kebelet atau sampai peepee di celana… mendingan dibuang dulu… Euuuuwwwwhhh…

Oleh karena kondisi toilet-toilet yang akan anda temui di negara itu akan sangat mengenaskan dibandingkan dengan kondisi toilet di Jakarta, maka saya akan berikan beberapa tips untuk menggunakan toilet di negara tirai bamboo:

  1. Selalu bawa 2 jenis tissue kemana-mana, tissue kering dan tissue basah!! PENTING!!
  2. Kalau terbiasa untuk membasuh dengan air, pastikan bawa botol aqua kosong kemana-mana.
  3. Sebelum pergi pastikan sudah menuntaskannya di kamar mandi rumah atau hotel karena kamar mandi di luar adalah ancaman!!
  4. Kalau menemukan kamar mandi dengan TINJA A/A+, sebisa mungkin kuatkan hati kalian untuk menahannya meskipun sudah kebelet.

Yak begitulah pengalaman-pengalaman saya ketika bertemu jamban-jamban di negara tirai bamboo ituuh. Semoga anda tidak menemui apa yang saya temui dan alami dengan jamban-jamban itu.

May the Force Be with You

Febi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: