Posted by: arfebrina | July 31, 2011

Hal-hal yang Semestinya TIDAK dilakukan ketika Menonton Film di Bioskop

HeyHo!!

Sudah lama tidak bersua para pembaca sekalian (kalo ada)!! Hope this posting finds you well wherever you are whatever you do!!

Well, kemarin saya akhirnya menonton Harry Potter 7: Part 2!!! Meskipun telat sekitar 15 hari dari jadwal premier tapi akhirnya saya bisa nonton HP 7.2 di bioskop and it’s AMAZING!! Sekali lagi saudara2, AMAZING!!! Meskipun memang ada bagian yang kurang, tapi itu tidak mengurangi keasyikkan menonton filmnya… Dan, saat menonton film ini sebenernya saya pingin semuanya sempurna tanpa ada distraction, tapi teutep yaaah org Indonesia itu klo lagi nonton film… Beeeeuuuuhhh… (baca: gak perlu diomongin di sini, takut nanti ada yang tersinggung..). Oleh karena itu saya terinspirasi untuk membuat postingan ini berdasarkan pengalaman saya sebagai penggemar cinema experience.

Berikut adalah hal-hal yang semestinya anda sekalian TIDAK  lakukan ketika menonton film di bioskop:

1. Coming Late

Yaph, apapun alasannya seharusnya anda tidak telat untuk masuk ke dalam bioskop, apalagi kalo film udah diputer. Tahukah anda kalau kepala2 anda yang lewat di depan mata saya sangat menggangu pemandangan, apalagi jika anda pake senter, terus ngomong keras2… “Eh, tempat duduk kita dimana siiih??” Lagian kok bisa sih ngelewatin opening scene… kalo film-nya film RomCom yang jalan ceritanya ketebak sih gak apa2… Nah, klo film-nya kayak Memento yang naro ending di depan film gimana?? Masalahnya,  COMING LATE adalah permasalahan yang mendarah daging di bangsa ini… alias Jam Karet… *sigh

2. Talk, Talk, and Talk

Padahal udah dikasih peringatan niih sebelum pelem mule kalo jgn berbicara sepanjang film, tapi masiiiiiih ada aja yaaa yg ngomong. Kalo ngomongnya pelan ato sepatah- 2 patah sih gpp yaaa…. tapi klo kenceng2, spanjang film ngomentarin isi film ya ga banget laaaah yaaa!!! Dan, yang paling bikin frustasi adalah kalo ada penonton yang sepanjang film nanya isi cerita dan ini kebanyakan terjadi di film sekuel karena dia gak nonton film pertamanya…

“Kok bisa gitu sihh? Di film pertama emang ada apa??”;

ato

“Lha? Dia siapa?? Dia ngapain sampe bisa kayak gitu???”

Eeeeeerrrggghhh… FRUSTASI gak siiih??!? Gue yakin klo lama-lama dia bakalan nanya, “Aku dimana? SAma siapa? Aku lagi ngapain?” tiba-tiba amnesia…

3. Spoil the story

Gue yakin di antara kalian pasti ada yang nonton film lebih dari sekali dan nonton sama orang yang berbeda, saran gue adalah kalo dia udah pernah nonton film-nya… JANGAN DIAJAK!!! Dan, klo-pun diajak jangan sampe dia bicara satu katapun selama film diputar!! Jika dibiarkan maka akibatnya adalah:

“Abis ini si jagoan bakal begini loooh…”

ato

“Tenang aja dia enggak mati, kok…”

ato

“Tamatnya nanti dia bunuh diri…”

Ada juga elo yang gue bunuh karena ngebocorin cerita!!! Kenikmatan nonton film adalah penasaran untuk tahu endingnya, apalagi klo akhirnya twist ending…. Beuuuhhh… Meskipun loe udah tau endingnya, apa penting untuk nyebarin ke orang2 yang belom tau?!?

4. Catch a COLD

Saran gue, klo loe lagi batuk, pilek, dan penyakit apapun yang membuat loe bersuara secara berkala dan terus-terusan mending elo istirahat aja di kamar dan minum obat biar penyakit loe sembuh… Gak usah dateng ke bioskop!!! Berdasarkan pengalaman gue, suara batuk adalah suara paling menggangu klo lg nonton. Misal di layar sunyi senyap, adegan serius, penonton tegang, tiba-tiba “Oehuuuk… oEhuuuukkk…. Uuuuhuuuk!!” dan dengan sukses menghilangkan mood. Rasanya pingin gue parang tu orang.

5. Dating and Kissing

Tipe-tipe penonton kayak gini emang biasanya milih duduk di pojokan bioskop dan emang enggak terlalu mengganggu pemandangan ato menimbulkan polusi suara dan distraction. Tapi, menurut gue… bioskop adalah tempat untuk menonton film, motif loe ke bioskop semestinya adalah menonton film… Mau pacaran di tempat gelap , silahkan pergi ke semak-semak di monas.

7. Open your Chips 

Pernah enggak sih terpikir kenapa klo nonton film orang kebanyakan bawa pop corn, bukannya keripik kentang, roti, dll yang memakai bungkusan plastik? Pernah enggak terpikir? Sebersit aja??? Ini jawabannya:

Karena klo makan Pop Corn enggak akan menimbulkan bunyi plastik kebuka!!!

Pop corn yang dijual di bioskop biasanya dijual dalam keadaan terbuka, pada saat makan-pun enggak akan menimbulkan bunyi yang terlalu distract. Nah, klo kripik kentang di dalam kemasan… pasti pas dibuka ato dimakan akan ada suara, “Kreeesseekkk… kresseeessk…” BERISIK dan mengganggu!! Coba bayangin kalo loe lagi nonton film romantis dan pas adegan penting, audionya malah begini:

“Aku.. *kressek* enggak bisa *kressseek* hidup *kressek* tanpa kamu… *kresssek, krauuk, krauuk*”.

Ilang enggak mood-nya?!? Ilang gak??!

8. Phone-ing

Yang paling menggangu sengaja ditaro paling akhir yaitu, TELEPON!! Aturan pertama dan paling penting dalam menonton film di bioskop adalah, “SILENT YOUR PHONE” dan “DO NOT ANSWER UR PHONE DURING THE SHOW”!!

Tapi, masih aja ya ada orang yang enggak silent teleponnya di bioskop, misal lagi nonton film horor, setannya lagi keluar, tiba-tiba ada dering telepon, “Dasar kau keong racuun… racuuunmu berbisa…” Ancur sudah mood-nya!! Ancur!!

Atau, tu telpon udah di silent, tapi pas ada telepon dia tetep angkat dan ngobrol pula di dalem bioskop, misal loe lagi nonton film perang ala victoria… tapi tiba-tiba, “Iyah, nih… Gue lagi di bioskop… film perang gitu deeeh, yang jagoannya mati ntuuuh… ” Pingin kena gampar niih orang!!

Kalo udah soal telepon, sebenernya yang paling baik adalah dimatiin, karena cahaya kecil dari handphone itu aja sebenernya udah jadi distraction. Apalgi buat orang di sebelah loe. Apalagi kalo elo BBM-an ato texting during the show. Serasa minta dibanting aja tuh telepon!!!

Conclusion:

Kalo diliat dari list di atas keliatan banget ya yang paling ganggu dan distract itu sebenernya suara. Kenapa? Karena suara bisa dengan sukses menghancurkan mood yang udah susah payah dibangun dari awal. Kalau untuk film-film menghibur yang enggak perlu mikir dan membangun mood siih enggak apa-apa yaaah, tapi untuk film serius, seperti Shutter Island misalnya, membangun mood adalah hal yang penting agar penonton bisa menyatu dengan cerita dan para karakter di film tersebut. Klo mood yang udah susah payah dibangun itu hancur… maka keasyikkan menonton film itu sendiri bakal berkurang.

Distraction sekecil apapun bentuknya, sefokus apapun kita ke filmnya, sedikit banyak akan mengganggu. Jadi, kalo kalian masih melakukan hal-hal di atas dengan terus-terusan, mending kalian nyari DVD bajakkan aja daripada ngeganggu penonton lain yang emang dateng ke bioskop untuk nonton film dan mendapatkan cinema experience yang flawless.

Gue akan instropeksi karena sedikit-banyak gue juga pasti pernah melakukan hal-hal yang disebut di list diatas… Untuk mengubah dunia, emang harus mengubah diri sendiri dulu kaaan…

May the Force be with You

Peace,

Febi =D


Responses

  1. Wah gw jg ada tu:
    1.telat krn bli2 mknan dulu
    2.ngangkat tlp kl sekiranya penting walopun diusahain pelan bgt ngmgnya
    3.mkn chips
    4.suka nanya2 walopun g terus2an

    Hahaha..

  2. emang di monas ada semak – semak ya mbae ?

    • Bukannya ada yaa?? Semak-semak monas kan tempat persembunyian para rusa dari para pemburu…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: