Posted by: arfebrina | February 9, 2011

Movie Influence

Saya amat sangat suka menonton film, tanpa ada batasan genre. Maksud saya kan ada orang yang lebih suka nonton drama, lebih suka nonton action, atau lebih suka dibodohin sama film2nya yg diproduseri irg2 Ind*a itu. Atau mungkin mereka lebih suka nonton film block buster Hollywood atau yang lebih suka sama film2 India biar bisa ikutan joged2 meluk tiang. Dan, orang2 yg cuma menyukai jenis film tertentu biasanya suka malash klo nonton film tipe laen. Contohnya ada orang yang cuma nonton film Hollywood dan sama sekali gak mau nonton film2 Asia atau ada yang suka banget nontonin film Indonesia tp cm yg bergenre komedi horror seks . Yah, selera orang kan macem2 dan saya tidak mengejudge orang2 berdasarkan film apa yg mereka tonton. Cuma kadang2 suka sentiment sama anak ABG yg nonton film dewasa yg jelas2 ditujukan untuk org 18+, contohnya kayak waktu saya nonton ‘3 hari untuk selamanya’, yang nonton anak2 ABG berseragam tuh. Haduu…gimana toh bioskopnya…

Jadi yang saya maksud tanpa batasan genre adalah saya nonton semua jenis film, bahkan saya terkadang juga menonton film2 KKD ato NFN klo lg diputer di tipi, meskipun nontonnya gak betah sambil muntah2 (OMG, it’s rhyme!!). Meskipun film yang sudah saya tonton tidak terlalu banyak tp ternyata lmyn mencakup semua; Hollywood, Asia (tmsk Jpg, Korea, China, HK, India), Meksiko (Amores Peros, Y tu Mama Tambien), Iran (Children of Heaven), Eropa (film2 Perancis dan Inggris), dan tentunya Indonesia.

Tapi kali ini saya bukan pingin ngeritik perfilman Indonesia atau ngeritik ABG2 labil yang selera filmnya kadang2 bisa menjatuhkan perfilman Indonesia karena hobi mereka nonton film2nya KKD ato NFN. Inget sodara2, film2 kayak gitulah yg akan membawa film Indonesia jatuh lebih jauh lagi…dengan berhenti menontonnya berarti anda jg berperan dalam menyelamatkan nasib perfilm-an Indonesia. Yah, balik ke sini lagi…dibilangin bukan mau ngomongin ini.

Yang mau saya omongin adalah, betapa sebuah film bisa meng-influence saya. Bukan, bukan buat terinspirasi jadi pinter… saya sih sekali edon tetep edon… atau setelah nonton Harrry Potter gw jd pengen jadi penyihir atau jadi vampire setelah nonton ‘Interview with the Vampire’, klo bisa sh emang pengen..hehehe. Tapi ini lebih bagaimana sebuah film bisa membuat saya jadi melakukan sesuatu atau suka melakukan sesuatu. Berikut adalah daftarnya:

1. Pulp Fiction

Film ini mempengaruhi saya dalam banyak hal. Pertama adalah tiap ketemu orang Perancis gw jadi pengen konfirmasi bener gak quarter pounder namanya Royale with Cheese di Perancis. Dan, yang paling mengubah gue adalah ketika Mia Wallace memesan Milk Shake Vanilla!! Gara2 ini, tiap gw pergi ke restoran dan di menunya ada Milk Shake Vanilla, pasti gw pesen…dan mnrt gw yg paling enak masih tetep Milk Shake Vanilla A&W, selain kentel dan bener2 dikasih es krim, milk shake ini harganya juga murah. Gak kayak Milk Shake Vanilla-nya si Mia yg 5 dollar. Hehehe…

2. Juno

Di postingan sebelumnya gw pernah bilang klo I love Michael Cera!! And, thanks to him I love Orange Tic Tac too!! Ooooh, it’s the best taste of Tic Tac!! Dan, ini semua gara2 tokohnya Michael Cera di Juno yang suka sama Orange Tic Tac. Dan, ada satu hal lagi di Juno yg sukses mempengaruhi gw yaitu Slurpee!!! Gara2 itu pas tau 7-11 buka di Jakarta, gw langsung cabut and gave myself 1 big gulp of Slurpee!! Sampe skrg-pun klo abis ntn Juno utk yg entah keberapa kalinya, gw lgsng ngidam Slurpee dan Orange Tic Tac.

3. Runaway Jury

Film inilah yang membuat gw untuk lebih berpikir bagaimana sebenarnya hukum itu. It’s revealed that terkadang kita butuh hati nurani untuk memutuskan sesuatu. Hukum yang ada di sini mungkin memang gak bisa diterapin di Indonesia karena beda system (US Common Law dan Indo Civil Law..jgn tny perbedaannya di sini, better you Google it by yourself…klo gw yg jwb nanti sperti mnjelaskan teori ayam-telur mana duluan). Dan, film inilah yang membuat gw memutuskan untuk mengambil jurusan Hukum pas kuliah. Dan, meskipun gk jd praktisi kayak di film…daya pandang gw buat ssuatu yg berhubungan dengan hukum sdikit banyak dateng dari film ini.

4. Italian Job

Kalau film ini pasti udah jelas apanya yang bikin gw terpengaruh…yap, the mini cooper!! Sejak nonton film ini cara pandang gw akan mobil bener2 brubah!! Tdnya gw berpikir klo Ferrari adalah mobil paling hebat sedunia…tapi, Mini Cooper justru lebih hebat lagi!! Kecil, ciamik, mantap, dan berpotongan old school… Gw berjanji klo suatu hari nanti gw pasti akan punya mini cooper!!

5. Nana

I was inspired by Nana’s style…very punkish tp tetep fashionable. The music…I dug up Sex Pistol because of this movie and knew the fabulous Sid Vicious also thanks to this movie. And, also because of this movie I’m in love with Madame Viviane Westwood’s design… especially the armor ring that Nana wears in this movie. This movie also makes me want to go to Camden Street… a famous rock n roll street in London. Intinya, sedikit banyak film inilah yang mempengaruhi pandangan gw akan style and fashion…

6. “Blue Spring” and “Battle Royal”

These 2 movies make me realize about how important friendship is and it is also important to have dreams and consider what will happen in the future. The other common thing, these 2 movies show how children nowadays incapable to share what they really want with their parents or another adult. These 2 movies for me have great messages to be delivered.

And, that’s all peeps!!! Have you already watched all of those movies aforementioned? Or, maybe you also have some movies that influence you just like these movies influence me?? Share with me in the comments!!

Remember, whatever the reason is, violence is not a right thing to do!! Respect people, Respect Others!!

(Meskipun gw suka banget sama film2 R-rated violance…hehehe =P)

May the Force Be with You!!

Febi =D


Leave a Reply

Categories

