Posted by: arfebrina | October 17, 2010

My Favorite Indonesia Movies

Temans, Pengyoumen, Tomodachi…

Kira-kira udah dari tahun 2000-an gw ngikutin perkembangan film Indonesia. Mulai dari AADC sampe kemren yg trakhir gw tonton adalah ‘Darah Garuda’. Well, gw emang bukan pengamat film, gw memposisikan diri gw sebagai penonton film ketika membuat daftar film Indonesia favorit gw ini. Di sini pertimbangannya cuma seberapa fun dan seberapa menariknya film yang gw tonton hingga membuat gw gak pernah bosen walaupun udah nonton berulang-ulang. Btw, list ini jg tidak berada dalam keadaan berurut… bhs jawanya, not in correct order…Hahahaa….

Okay, let’s START!

1. Catatan Akhir Sekolah – gw nonton ini beberapa bulan setalah lulus SMA, jadi masih kerasa banget tuh aura2nya. Terus, pas kemaren gw nonton film ini di tv kayaknya gw gak pernah bosen karena bisa membuat gw inget masa-masa SMA. Thank you banget buat Hanung Bramantyo yg udah buat film remaja yang tidak berlebihan, asik, seru dan inspiratif.

2. Realita, Cinta, dan Rock n Roll!! – tiap ngeliat film ini cuma ada satu kata yang ada di kepala gw “KEREN!!!!”, critanya ttg persahabatan cowok yg rasanya jujur banget… dan ceritanya memang mungkin bisa terjadi di kehidupan nyata…

3. Jomblo – film Indonesia inilah yang berhasil buat gw ngakak… meskipun di beberapa bagian ada adegan yang agak disturbing dan ada beberapa cast yang rasanya kurang pas… ‘Jomblo’ tetap lucu dengan gayanya sendiri.

4. Janji Joni – klo temen gw dari luar negeri ada yang tanya film Indonesia apa yang bagus dan enak ditonton, ‘Janji Joni’ jadi pilihan jawaban gw yang pertama. Menurut gw, flow film ini asyik dan mengalir juga bisa dimengerti sama orang luar. Film ini jg dpt rating bagus di IMDB… Hehehe…

5. Ada Apa dengan Cinta – Meskipun gw udah apal beberapa dialognya, tetep aja gw gak bosen nonton film ini. Film ini gue nile cukup berhasil karena sampai sekarang pun dialog2nya tetep dipake buat ngobrol dalam segala suasana.

6. Pintu Terlarang – OMFG!! I Love this movie… trutama adegan pas ‘christmas dinner’. Joko Anwar is a genius!! Dia bisa bikin film thriller dengan tema yang beda ditambah dengan twisted plot yang mantap. Film ini juga duduk di peringkat 10 “The Best Asian Horror Movies in this Century”! Awesome!

7. Get Married – sederhana, simple, dan lucu!! I haven’t watched the sequel yet, jadi penilaiannya berdasarkan yang pertama aja. Scene kesukaan gw adalah waktu anak kampung vs anak komplek.

8. Kala – begitu tahu film ini dapet 5 bintang di situs sinemaindonesia.com, gw langsung teriak2. This movie is amazing!! Dari cerita sampe cinematography yang apik!! (Aiish, bahasa gue). Sayangnya film ini langsung diturunin padahal baru maen 2 minggu di bioskop, padahal gw mau nonton ulang… ada apa sebenarnya?

9. Rumah Dara – gw inget nonton ini di Beijing berduaan doank sama temen gw dan kita sama2 cewek, di kamar asrama pula. Genre slasher emang jarang di Indonesia dan beberapa film terdahulu hasilnya sangatlah aib buat perfilman Indonesia. Tapi Rumah Dara berhasil mengangkat genre slasher ke permukaan bumi dengan kejeniusannya!! Mantap!

10. Berbagi Suami – dari dulu gw emang suka film tipe kayak gini, yang dibagi-bagi, tokohnya beda, tapi berkaitan satu sama lain. Mulai dari Amores Peros sampe Babel. Selain itu cerita di film ini memang kesannya dalem banget…

So, inilah 10 besar list film Indonesia yang gw suka. Setidaknya sampe saat ini dan mungkin sewaktu-waktu bisa berubah.  Di luar 10 besar msh ada ‘Petualangan Sherina’ dan ‘Quickie Express’. Gw juga masih blm ntn ‘Satu Jam Saja’ dan ‘Madame X’ yang baru dirilis. Hehehe…

How about your list? Share with me in the comment!!

Thank’s for reading!!

Febi =D


Responses

  1. 80% dr list itu ntnnya ma gw ya boy?! Kl list gw di ama 30hari mencari cinta,5 sehat 4sempurna,prempuan punya crita,the photograph&fiksi…

    Tar dulu d boy gw ko lupa ya crita pintu terlarang..samar2 kcampur ama kala..

    Kl rmh dara seeh amit2!!! Byarpun ntn siang hari bolong&sbagian bsar ngumpet diblkg levi,,slalu bikin gw mimpi serem event ampe bln puasa kmrn masi ngimpi!!!!!

  2. Iya, yaa…hahaha…baru kepikiran gw klo ternyata kita emg sejoli klo urusan ntn film.
    Mungkin krn pemerannya sama2 Ai Albar kali ya mknya loe bisa kecampur… pokoknya klo Kala itu setannya bapak2 tua klo Pintu Terlarang setannya anak kecil. Udah inget?
    Rumah Dara seru tau, Liiin… banyak darahnya… Mantaph laaa…

  3. Nauczylem sie wiele


Leave a Reply

Categories

