Posted by: arfebrina | December 17, 2011

Tempat Belanja di Beijing yang Mesti Dikunjungi

Eheeem… sebagai informasi sebelum membuat postingan ini, saya sempet tinggal di Beijing, China selama 2 tahun, setahun untuk sekolah bahasa dan setahun untuk mengambil gelar master di bidang hukum. Dan, selama saya belajar bahasa, saya menyadari bahwa hal yang paling bagus untuk dijadikan latihan percakapan adalah belanja dan percayalah saudara-saudara, semua barang di China bisa ditawar!!

Jadi, daftar berikut ini adalah daftar tempat belanja yang sering saya kunjungi bersama teman-teman saya ketika mendapat kesempatan belajar di China, berikut dengan tips menawarnya.

1. Silk Market / Xiu Shui

Tempat belanja ini berada di daerah Yong An Li yang bisa dicapai dengan menaiki subway Line 1. Silk Market adalah tempat belanja paling terkenal di kalangan para turis, biasanya orang-orang ke sini untuk membeli kaos-kaos khas China, tas branded KW Super, sampai souvenir2 kecil.

Tawar menawar di pasar ini harus sangatlah SADIS, kalau perlu sampai berdarah-darah dan mulut berbuih-buih, karena biasanya harga yang mereka buka sangatlah tinggi untuk turis, bahkan untuk pelajar seperti saya. Dan, tawarlah 10% dr harga yang ditawarkan, klo nekat kayak saya sih biasanya ampe 1% juga bisa. Contohnya, untuk tas LV KW Super biasanya mereka akan membuka harga dari 1000 – 1500 RMB untuk 1 tas dan biasanya saya tawar dr harga 50 RMB, yang membuat saya dengan sukses langsung diusir dari toko tersebut. Jika diusir, tanyakan harga paling rendah yang bisa mereka kasih, klo harga yang anda mau enggak dikasih juga, lebih baik anda cari toko lain, karena di Silk Market semua tokonya menjual barang yang sama.

Price Range:

Tas Branded KW Super: 50 – 200 RMB (tergantung merek, yg plg mahal biasanya LV). Dan, utk tas LongChamp warna-warni ukuran sedang (503) bisa dijual seharga 30 – 40 RMB.

Dompet : 25 – 50 RMB

Souvenir : 5 -15 RMB (tergantung barang)

Kaos : 10 – 25 RMB

Sepatu : 50 – 150 RMB (tergantung jenis sepatu)

FYI, kalau jalan lurus dari Silk Market bisa ketemu dengan mall yang namanya The Place, dimana tempat ini terkenal dengan TV dengan layar yang sangat besar dan panjang. Waktu itu saya ngerayain tahun baru 2010 di sini loooh..

2. Daerah sekitar SanLiTun

Di Beijing, daerah SanLiTun terkenal dengan Street Bar-nya. Selain, itu daerah ini juga termasuk daerah elit dengan banyak restoran mahal, termasuk restoran Turki ‘1001 Nights’ yang paling terkenal dan ‘Spice Spirit’, restoran khusus makanan pedas yang akan membuat bibir anda bengkak.

Di daerah SanLitTun ada sebuah Mall yang cukup besar namanya the Village, yang merupakan salah satu tempat belanja favorit karena ada 2 lantai Uniqlo, Adidas, Steve Madden, Mango, dan bioskop. Restoran di mall ini juga cukup banyak dan bervariasi meskipun agak mahal.

Nah, di sebelah mall ini ada yang namanya Yashou Market, tempat ini hampir sama dengan Silk Market dan juga tempat belanja para turis. Price range dan cara nawar-nya juga sama, kok.

Daerah SanLiTun juga terkenal dengan night life-nya, banyak club-club ternama di daerah sini, contohnya Vics dan Mix. Jangan lupa juga cobain Kro’s Nest Pizza yg memang terkenal paling enak di seluruh Beijing.

3. Tian Yi dan FuZhiMen Market

Dua tempat ini terletak di daerah yang sama dan juga banyak tempat-tempat belanja lainnya. Kalau FuZhiMen Market bisa langsung kelihatan begitu keluar dari station subway, Tian Yi harus sekali naik bus dulu untuk bisa sampai kesana.

FuZhiMen terkenal dengan payung-payung, cross stitch dan taplak meja yang cantik-cantik juga murah-murah. Mama dan tante-tante saya sering minta dibeliin barang-barang itu waktu saya masih di China. Klo harga payung kira-kira dari 10 – 200 RMB, waktu itu saya pernah beli payung berenda ala Belanda dengan harga sekitar 80-100 RMB. Sedangkan untuk Cross Stitch tergantung ukurannya, biasanya price range-nya antara 40 – 500 RMB dan untuk taplak meja sekitar 5-25 RMB.

Tian Yi market terkenal sebagai pasar mainan, aksesoris dan perlengkapan imlek. Biasanya dijual secara grosiran dan kalau beli satuan memang jatohnya jadi agak mahal. Kalo temen-temen gw suka banget beli aksesoris di sini, karena memang lucu-lucu, selain itu ada juga boneka2 dan mainan kecil2 yang emang cewek banget. Yang unik di Tian Yi adalah pintu toiletnya yang cuma setengah!!

4. XiDan

Daerah ini mirip-mirip sama Orchard Road-nya Singapore, penuh dengan mall. Namun, mall yang biasanya saya kunjungi namanya “Joy City”. Di mall ini penuh dengan tenant-tenant ternama seperti Zara, Uniqlo, H&M, Muji dan Sephora. Terus klo udah capek belanja bisa makan di Bellagio dan menikmati Mango Supreme Ice-nya.

5. Wang Fu Jing

Daerah ini cukup terkenal di Beijing dan biasanya memang jadi salah satu tempat yang harus dikunjungi. Yang paling terkenal di daerah Wangfujing adalah jajanan ekstrimnya, mulai dari sate kecoa sampai sate kalajengking ada di sini. Tapi, tenang aja, jajanan normal kayak bakso sapi ala China sampai sate ala Xinjiang (salah satu propinsi di China yg mayoritas muslim) juga ada di sini.

Di daerah ini ada mall juga, cuma enggak terlalu sophisticated. Tempat belanja yang paling terkenal di sini adalah Book Store-nya yang mencapai tujuh lantai!!

6. ZhongGuanCun

Daerah yang satu ini adalah pusat jualan elektronik, semuanya ada!! Mulai dari flash disk sampai iPhone dan iPad palsu. Hehehe… Harga-nya juga bisa ditawar looohhh, meskipun gak terlalu ekstrim… Cuma kalo ke sini jangan beli HP, karena berdasarkan pengamatan saya, harga HP di Indonesia lebih murah, cuma klo produk2 Apple jatuhnya emang lebih murah. Terus klo beli laptop, OS original-nya adalah bahasa China dan mereka memang enggak jual yang bahasa Inggris.

7. DongWuYuan Fuzhuang ShiChang (Zoo Market)

Ke tempat belanja ini tinggal naik Line 4 Subway, selain ke tempat belanja bisa juga mampir liat panda di kebun binatang yang ada di seberangnya atau ke planetarium yang ada di sampingnya. Hehehe…

Tempat ini biasa kita panggil DongWuYuan, tempatnya itu kayak kompleks perbelanjaan tanah abang. Di sini ampir semua barang dijual dengan harga di bawah 100!! Bahkan ada jaket bubble yang buat winter bisa dijual seharga 50 – 60 RMB di sini. Intinya di sini adalah surga untuk pencari baju-baju murah Made in China…klo milihnya hati-hati bisa dapet yang kualitasnya bagus bangeeeet loooh. Bayangin, waktu itu saya cuma bawa 100 RMB, bisa dapet Abercombie flip-flop, jam tangan dan short ditambah jajan sana-sini, 100 RMB-pun masih ada sisa!!

8. WuDaoKou Fuzhuang ShiChang

This is my favorite place to shop till you drop!!! Gw dan temans bisa ngabisin waktu dari pagi sampe sore kalau belanja di sini, bahkan kadang sampe tutup.

Wudaokou Fuzhuang terletak di ChengFuLu KouNan dan paling deket dari tempat gw bersekolah dan tinggal. Dan, bahkan gw udah punya bberapa langganan klo belanja di sini.

Kebanyakkan barang di sini berasal dari Korea dan memang harganya lebih mahal drpada di DongWuYuan tapi worth it banget karena kualitas-nya oke dan model2nya lucu. Harganya juga bisa ditawar, kok meski gak terlalu sadis. Waktu itu aja gw berhasil dapet leather jacket dgn harga 80 RMB, blazer 80 RMB, dress 60 RMB, dan converse 35 RMB dan angkle boots 30 RMB!! Ditambah lagi ada toko 25 RMB yang semua barangnya seharga 25 RMB! Mule dari kaos sampe maxi dress!!

Selain belanja yang mesti dicoba adalah jajanan2 murahnya, mulai dari Chou DouFu sampe tteoboggi Korea!!

Then, itu dia tempat-tempat belanja di Beijing yang mesti dikunjungi. Biasanya kalo ikut tur ke Beijing, dibawa belanjanya pasti ke Silk Market atau Yashou. Tapi kalo emang berangkat sendiri bisa mengunjungi tempat-tempat yang saya sebutkan di atas. Memang tempatnya agak sulit dijangkau, tapi worth it banget!! Kalo mau ngajak saya sebagai tour guide juga boleh… cukup bayarin tiket pesawat dan makan 5 kali sehari… saya bisa kok tidur di sofa… juga bisa menunjukkan tempat makan-tempat makan murah yang ada di Beijing, meskipun gak dijamin ke-HALAL-annya. Hehehe…

Sekedar catatan, price range yang saya sebutkan di atas itu berlaku untuk tahun 2008-2010, mungkin sekarang sudah agak berubah mengingat krisis ekonomi, tapi kayaknya juga gak berubah banyak. Kala itu 1 RMB adalah 1500 – 2000 IDR.

Well, mudah-mudahan informasi yang saya berikan berguna, yaa. Kalo mau nanya-nanya tentang postingan ini bisa tulis di comment aja.

Thank you for your attention

May the Force Be with You

Febi


Responses

  1. Feby, ada no telp yg bisa dihubungi gak ?saya mau sedikit tanya tanya krn rencana saya berangkat 1 may besok ke Guangzhou.thx ya

    • Halo Mbak Rini,

      Sebenernya kalo ke Guangzhou aku malah belum pernah. Hahaha…
      Tapi kalau mau tanya-tanya, silahkan kirim email ke aku di ar_febrina@yahoo.com

      Thank you

  2. Feb kamu k sana dapat beasiswa ya?

    • Halo mbak Dumaria,

      Aku ke sana awalnya enggak dapet beasiswa karena cuma belajar bahasa mandarin aja.
      Tapi, pas aku ambil master, baru dapet partial scholarship.

      Di sana apply beasiswa untuk mahasiswa asing cukup mudah.
      Biasanya tiap sekolah menyediakan beasiswa application di tiap website-nya.

      Mudah2an jawaban aku bisa membantu ya, mbak

      Febi

  3. hi febi, salam kenal yah.
    Di Bei jing apakah febi tau hotel yang tidak begitu mahal tapi dekan dengan pusat belanja yang disebutkan diatas :-) trims yah

    • Hi, Risa!!
      Kalau dekat dengan pusat perbelanjaan itu tentu ada tapi kebanyakkan harganya selangit. Apalagi standard rate hotel di Beijing cukup tinggi.
      Hotel yang saya tahu namanya Hotel Xijiao, semalam sekitar 300-400 RMB. Lokasi-nya di Wudaokou dan cukup strategis karena dekat dengan MRT.
      Semoga membantu yaa..

    • hi febi,
      salam kenal, saya metta suri

      apakah tahu penerbagnan jakarta beijing ada penerbangan langsung dan murah ?

      • Hai, Metta!!
        Kalo penerbangan langsung Jakarta – Beijing aku cuma tahu Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.
        Dan, keduanya memang agak mahal.
        Oia, setahu aku Air Asia juga sudah buka penerbangan Jakarta – Beijing.
        Untuk lengkapnya bisa langsung check di masing-masing airlines

        Makasih sudah berkunjung ke blog saya

  4. hi Febi, aq pengen tau pusat barang2 KW super mendekati asli menurut gosip hrs ke apart, bukan di toko, mereka sangat tertutup, sangat selektif utk terima org asing, sy pengen beli utk ksh souvenir ttp hrs yg kwalitas bagus, kamu bisa ksh info alamat’nya

    • Hallo mbak Meilie,
      Waduh kalo yang di apartment aku enggak tahu, deh.
      Sebenernya malah belum pernah denger, sih… Hehehe…

      Tapi, yang di Silk Market itu barang2nya juga ada yang KW Super, kok.

      Maaf ya kali ini tak bisa membantu.

  5. tau gak di mana ualnya stempel nama kayu itu? berapa ya harganya?

    • Halo Mbak Aulia,

      Kalau stempel nama kayu mungkin bisa dicari di TianYi market, sepertinya di Yong’Anli dan Yashou juga ada.

      Semoga membantu, ya

      Terima Kasih

  6. Kak, mau nanya nih, kalo belanja disana, kita ambil banyak misalnya, dan kita mesti bayar pake uang besar, mereka bakal tipu kita kasi kembalian pakai uang palsu atau tidak?, lalu dari tempat belanja diatas ttg kriminalitas nya gmn ya?, mohon bantuanya, thank you :)

  7. Hualloo Jenni,

    Emm, uang palsu yaa… Ini sih susah dijawab, karena aku enggak pernah ngalamin. Uang palsu yang pernah aku temuin cuma pecahan 100 RMB, kayaknya klo uang kecil-nya jarang ada uang palsunya. Biasanya mereka lebih ke nipu kita soal harga, apalagi klo barang elektronik. Makanya sebelum belanja, cek harga pasar aja dulu.
    Sepengalaman aku ya, tempat-tempat yang aku sebutin di atas cukup aman, kok. Copet2 kebanyakkan ada stasiun kereta yang ramai, jarang ada di pusat perbelanjaan. Asal kita hati-hati dan tetap waspada insyaAllah aman.

    Semoga membantu, ya

    Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ^o^/*

  8. Hai Feby,
    Mau tanya sedikit yah, kalau kita mau beli baju bayi & anak itu di mana yah? Terus kalau kita beli dalam jumlah banyak dan bawa sendiri ke indo apakah ada pengalaman waktu lewat bea cukai? Xie-xie Ni…
    Wo she ciao Kurniawan. Hehehe.

    • Ni hao kurniawan xiansheng!!

      Kalau mau beli baju bayi dan anak, Tian Yi adalah gudangnya. Tapi beda gedung sama Tian Yi yang jual mainan. Cuma baju bayi dan anak di China kebanyakkan pantatnya bolong, jadi dicek dulu ya.

      Kalau bawa sendiri mestinya enggak masalah ya. Cuma pengalaman petugas bea cukai kita yang kadang suka ‘nakal’, jadi lebih baik hati-hati aja.

      Semoga membantu

      Terima kasih sudah berkunjung

      • Ni Hao Feby,
        Bisa dijelaskan gak, soal cukai? Kalau kita belanja sendiri dari zhong guo memang rada susah yah untuk dibawa ke indo?
        Xie xie Feby…

      • Hmm… aku kurang tau karena aku gak pernah beli dalam jumlah besar. Cuma biasanya cukai itu agak ketat kalau menyangkut barang mewah.
        Kalau masalah cukai secara detail sih aku kurang paham.
        Maaf karena kali ini tak bisa membantu

  9. Hi..mbak Feby,saya sudah booking tiket buat jalan ke HK-Shanghai-Beijing,tgl 14 November 2012,Insya Allah selama 10 hari,yang jadi pertanyaan tentang suhu di sana,soalnya masih simpang siur,apakah dingin sekali hingga perlu beli jaket tebal di Beijing aja ato ga perlu ? Apakah masih memungkinkan buat jalan2 di sana ? thanks ya…

    • Hi Mbak Didisoche,

      Hmm… karena aku sudah meninggalkan Beijing sejak 2 tahun yang lalu, mungkin sekarang cuaca agak berubah ya.
      Dulu sih waktu bulan November aku masih suka jalan-jalan dengan jaket yang tidak terlalu tebal, coat biasa juga bisa.
      Tapi sekarang, bulan Oktober-pun sudah mulai dingin.
      Menurut saya coat biasa, bukan yang bergelembung, masih bisa dipakai di bulan November.
      Pastikan saja menggunakan pakaian beberapa lapis di dalam coat tersebut, sarung tangan dan penutup telinga

      Semoga membantu, ya

      Kalau mau tanya jau

      • Thanks ya info nya,kira-kira perbandingan harga barangnya,lebih murah belanja di hongkong ato beijing? kalo nyari mainan action figure di mana pusatnya ya ?

      • Hi Didisoche,

        Kalau saya bilang sih lebih murah di Beijing.
        Tapi, mungkin karena sekarang 1 RMB sudah hampir mencapai Rp. 1500, mungkin kalo dihitung ke rupiah jadi lebih mahal Beijing.
        Di Wudaokou ada langganan saya untuk barang-barang anime, tapi gak tau deh sekarang masih ada atau gak.
        Tempatnya kecil, jadi agak susah nyarinya.
        Kalau mau bisa ke Tian Yi Market, di situ ada 1 lantai khusus mainan.
        Aku jelasin sekilas soal Tian Yi di blog ini, untuk penunjuk arahnya bisa cek di google map.
        Semoga membantu

  10. Hai mba febi..salam kenal
    Aku ada acara tanngal 22 sd26 oktober di hotel crowne beijing. ku nginep di hotel ibis. Apakah jaraknya jauh? Dan kalau menuju ke venue menggunakan transport apa ya? Dan apakah tempat saya menginap dekat dengan pusat perbelanjaan yang mba sebutkan?oh y utk penggunaan bahasa apakah mereka familiar dengan bahasa inggris?

    Thanks mba…

    • Mbak Eka,

      Aku lihat di Google Map, ternyata Ibis Hotel ada beberapa.
      Kalau boleh tahu, mbak di Ibis Hotel yang mana?

      Kalau di Ibis Hotel Chaoyang, mbak bisa naik MRT untuk ke tempat perbelanjaan (naik line 10 lalu transfer ke line 1, turun di Yong’Anli)
      Kalau dari Ibis Hotel Chaoyang ke Crowne Hotel di Sun Plaza bisa naik bis atau taksi.

      Sejujurnya orang China tidak begitu familiar dengan bahasa Inggris, kecuali mungkin di hotel-hotel besar.
      Orang2 atau pedagang2 di jalan bahkan di supermarket atau restoran jarang ada yang bisa.
      Tapi, untuk pedagang di tempat khusus turis seperti Silk Market atau Yashou Market biasanya sangat bisa berbahasa Inggris, bahkan ada yang bisa bahasa Indonesia.

      Semoga membantu yaa… Terima kasih ^^

  11. Salam kenal, mbak Febi
    Saya beserta rombongan (menggunakan jasa travel), rencananya tur ke Beijing pada 18 s.d 22 Pebruari 2013. Berapa suhu di Beijig saat itu? Beritanya sampai 0 C? Benar mbak Febi, mohon informasi.

    • Salam kenal juga…

      Suhu di Beijing pada bulan Februari memang sekitar 0 sampai -7 derajat celcius. Bulan February memang masih terhitung musim dingin. Suhu akan mulai menghangat pada akhir Maret.

      Mudah-mudahan bisa membantu, ya

      Terima Kasih

  12. halohalooo.. kalo tempat jual arloji murah2 di,ama ya tempatnya? hehehe yg dalam jumlah besar gt.. :D

    salam kenal ^^

    • Halooo… Salam Kenal….
      Kalo satuan di setiap market yang saya sebutkan di atas punya banyak arloji murah… harganya berkisar dari 20 – 125 yuan, tapi itu gak dijamin keasliannya… Hehehehe…
      Saya punya temen yang punya toko jam dan dia biasa beli di Guangzhou kalau untuk jumlah besar. Dan, memang katanya harganya bisa lebih murah 20 – 40% dari harga aslinya.
      Semoga membantu, ya…
      Terima kasih telah berkunjung ^^

  13. Salam kenal…
    Kalo belanja murahan di beijing ato di shanghai ya ?
    Takutnya barang ga ada di shanghai, Saya ada rencana jalan beijing-shanghai-pulang.
    Kereta super cepat beli tiketnya musti pesan ato bisa beli langsung ?
    Terima kasih

    • Hai Hozi!
      Kalau belanja saya lebih suka di Beijing daripada Shanghasi karena saya memang lebih lama tinggal di Beijing. Tapi, dari pembicaraan dengan teman2, mungkin bisa dibilang belanja di Shanghai sedikit lebih mahal.
      Kalau kereta super cepat bisa dibeli di tempat langsung, apalagi yang ke Tianjin di mana keretanya berangkat setiap setengah jam sekali.

      Semoga bisa membantu, ya

      Febi

  14. mau nanya dong, selain tempat wisata yg memang uda famous(tian an men. forbidden city, etc) tempat wisata yang bagus buat anak muda tapi dket sama daerah happy valley apa ya? trus transportasinya pake apa aja? :D makasii…

    • Hi Airen,

      Happy Valley itu tempatnya agak terpencil, sih. Jadi di sekitarnya enggak ada apa-apa.
      Kalau mau ke Happy Valley bisa naik subway line 10 ke Shoujingmao begitu sampai bisa disambung dengan naik bus no 439 atau naik subway line 1 ke SIHUI East disambung dengan naik bus no 30.
      Selain Happy Valley, sebenernya bisa ke Solana (mall dengan atmospher amerika selatan) atau ke The Place (yang ada TV raksasa). Selain itu malem-malem juga bisa jalan-jalan dengan perahu atau naik becak di Hutong.

      Semoga membantu, ya

      Febi

  15. Hi febi…salam kenal ya…saya april ini mau ke beijing…kalau ke Wudaokou Fuzhuang tuh naik apa paling aman…sekalian juga kalau mau ke beijing zoo naik apa ya…thanks a bunch…

    • Hi Mbak Fora!!
      Salam kenal juga!!

      Kalau ke Wudaokou Fuzhuang bisa naik bis no 331 dari Wudaokou (Subway Line 13) (warnanya putih-hijau kalo gak salah) dan turun di ChengFuLu Kou Nan. Atau, bisa juga naik taksi.
      Nah, kalau ke Beijing Zoo sekarang udah ada Subway Line 4 yang langsung turun di Beijing Zoo! Jadi gak usah macet-macet naik bis lagi… =)
      Semoga membantu, ya

      Terima Kasih

  16. Hallo mbak febi… Salam kenal..
    Tgl 9 sd 12 Mei ktr ku mau mengadakan team building ke Beijing skalian shopping…hehehe.
    Aq mau tanya adakah t shirt/kaos yg bercirikan motif gambar lapangan tiananmen, forbidden city or kata2 yg bertuliskan Beijing? Klo ada bisa beli lusinan? misalnya 2 lusin? Harga nya mahal ga ya? Trims ya infonya

    • Hai, Mas Deny…

      Waah, klo kaos-kaos khas Beijing banyak banget, Mas. Yang paling banyak motifnya itu motif tembok China. Waktu aku di sana harganya sekitar 10-40 RMB, tergantung kualitas. Waktu itu aku pernah beli kaos ‘I Love Beijing’ di Badaling Great Wall sekitar 1 lusin dan dapet harga 9 RMB! Jadi jangan takut-takut untuk nawar, ya… =)

      Semoga Membantu

  17. Salam kenal mbak feb…..
    Mbak klo pertengahan mei di beijing musimx gmn? Cause q pengen tau yg butuh q prepare trutama baju…..so klo blanja cindera mata spt hiasan dinding gt apakah di silk market jg banyak y? Kisaran tawarx gmn? Makasih bgt y mbak infox sbelumx….

    • Halo Mbak Dina,

      Di pertengahan Mei biasanya cuaca mulai menghangat. Angin masih agak kencang, tapi matahari bersinar. Saran saya, bawa saja jaket yang ringan, hoodies, atau baju lengan panjang.
      Untuk cindera mata ada banyak sekali di Silk Market, kisaran harganya dari 2-5 RMB (utk gantungan kunci atau tempelan kulkas) sampai 15-20 RMB.

      Semoga membantu, ya.
      Terima Kasih

  18. Hello mbak Febi salam kenal, saya rencana ke Beijing 2 minggu lagi. Penasaran sama Tian Yi market ini yang di Fuchengmen Waidajie, Xicheng District bukan yah? Trus kalo untuk cari2 baju ada juga gak yah disini?

    Terimakasih.. :)

    • Iyaph, Tian Yi market ada di Fuchengmen Waidajie. Kalo naik subway bisa turun di stasiun Fuchengmen di Line 2.
      Kalau saya tidak salah ingat di sini juga menjual baju tapi berbeda gedung dengan yang menjual mainan dan pernak-pernik. Dan, kebanyakkan baju yang dijual agak mahal sih kalau menurut saya.

      Semoga Membantu, ya

      Terima Kasih

      • Trus mau tanya kalo di WuDaoKou Fuzhuang cocok gak ya bawa ortu kesana? Hehe atau baju2nya cumauntuk anak muda aja kali yah? Tempat ini khusus baju aja yah Feb? Pingin sekalian cari souvenir kaya kaos2 beijing gitu buat anak2 juga, bisa nemu gak ya di pasar ini. Biar one stop shopping gituh semua dapet. :)

        Thanks!

      • Oooh kalo mau belanja oleh-oleh sekalian jangan di Wudaokou Fuzhuang… Itu tempatnya kebanyakkan jualan baju aja.
        Kalau kaus2 khas Beijing dan pernak-pernik oleh-oleh bisa cari di Silk Market atau Yashow Market

  19. hi Feby,

    mo nanya nih saya bakal ke beijing awal juni ini, kira2 cuaca disana bgmana yah? terus kalo mo cari aksesoris rambut yang bagus dan murah tentunya:D dimana yach?

    trims atas infonya

    • Hi Mbak Ratna,

      Wah, cuaca Beijing di bulan Juni itu panaaaassss…!
      Bahkan bisa panas banget sampe kemana-mana harus payungan atau setidaknya pakai topi..

      Untuk aksesoris rambut bisa cari di Tian Yi market.
      Harganya bervariasi, mulai dari 2 RMB sampai 50 RMB.

      Semoga Membantu, ya

      Terima Kasih

  20. hi feb..
    bln 7 tgl 22-bln 8 tgl 17 saya ke beijing..
    gmn ya cuaca disana?
    trus pakaian dan pernak pernik di musim panas mahal ga ya?

    • Hai Mbak Anita!
      Bulan Agustus itu Beijing lagi panas-panasnya!
      Karena itulah biasanya saya pulang ke Indonesia… hehehe…
      Kalau pernak-pernik di musim panas biasanya lebih murah daripada musim dingin, karena kan yang dijual pasti bahannya lebih tipis dan enggak perlu pakai bulu angsa… hehehe…

      Semoga membantu, ya

      Terima kasih… =)

  21. Hi and salam kenal juga Feby,
    Mau nanya nih, tgl1-12 Sep ini aku ke beijing ..cuacanya dingin or panas yah?… Thanks fyi…

    • Hi Mbak Lili

      Cuaca di Beijing pada bulan September bisa dibilang menyejukkan. Masih sedikit panas tapi anginnya sudah semilir sejuk.

      Terima kasih telah berkunjung

  22. Ad nomor yng bsa d hubungi??
    Krna sayan brncana kuliah disna :D

    • Bisa ke email saya saja ya…
      Terima Kasih

  23. Hi Febi,
    Saya akan berkunjung ke Beijing-Shanghai pada pertengahan august ini. perjalananannya kira-kira 10 hari. Saya bingung kira-kira harus bawa berapa RMB ke sana. Biaya 3 x makan dan masuk objek wisata sudah dibayar oleh tour, jadi saya tidak usah memperhitungkan biaya itu lagi. Saya hanya berencana membeli beberapa oleh-oleh / souvenir kecil saja untuk teman-teman dan kerabat.

    • Dear Mbak Vina,

      Kalau menurut saya jika memang tidak berencana belanja banyak cukup bawa skitar 3-5 juta saja. Seperti yang saya tulis, barang di Beijing murah2. Bawa duit agak lebih untuk jaga2 saja…

      Terima Kasih

  24. Sy rencana berlibur dg paket tour,tp tidak ada satu pun Dr tempat diatas td yg msk dlm tur saya,acr tour saya ke Beijing 2008 Olimpic nasional stadium,silk factory,watching acrobatic show,jade store,great wall,baoshutang scald ointment factory,yashow market,dinner with Beijing roast duck,place longest tv,tour to tian men forbidden city,foot massage in tongrentang Chinese herbal medicine center,wang fujiang street.minta masukan Nya donk Itu smua trmasuk tempat yg bgs utk dkunjungi atau tidak?terima Kasih

    • Dear Mbak Rose,

      Tempat-tempat yang Mbak Rose sebutkan memang main attraction di Beijing, kok. Jangan lupa bawa kamera, ya…

      Terima Kasih

  25. Hi feby Salam kenal ak mau ke beijing shanghai September 2013 Selma 2 Minggu, ak mau nanya Hal yg penting banget nie.. Info Nya detail y hahaha.. Cara idupin Internet Disana dengan china mobile / unicom Gimana ya coz ak mau pake google map untuk guide ak.. N sekalian paket bb kalo tau info nyA.. Hihi thanks ya feb.

    • Dear Mas Fredy,

      Untuk internet lebih baik gunakan China Unicom karena jaringannya 3G. Tapi, untuk penggunaannya mungkin perlu registrasi ID/Passport. Ada beberapa paket internet yang disediakan dengan harga mulai dari 50 RMB/bulan. Untuk Blackberry saya kurang tahu apakah ada paket khusus karena setahu saya BB kurang populer di China.

      Semoga membantu

      Terima Kasih

      • salam kenal mba febi,

        saya mau pergi ke beijing tgl 4 sept 13, harga rmb minggu ini kan sedang tinggi. kalau mau belanja di sana jadi mahal bgt ga ?

        makasih

      • Salam kenal juga Mas Deny

        Karena memang sekarang kurs-nya lagi tinggi, mungkin kalau terus dikalikan dengan rupiah terasanya jadi lebih mahal. Tetapi range harga yang saya tulis di artikel ini semestinya tidak berubah banyak

        Semoga membantu, ya
        Terima Kasih

      • makasih banyak infonya:)
        lg nyiapin mental buat nawar abis2an hahaha..
        dulu pernah ke sen zen belanja di mall apa gt (depan hotel western) jg nawar gila.. tapi paling klo mentok ga boleh, dia blg bye bye sambil senyum sinis.. tapi seru klo qt dpt barang murah.. secara istri hobi bgt belanja hahaha

      • Kalau di Beijing, harus siap mental karena penjualnya lebih galak daripada pembeli. Harus siap-siap diusir dari toko kalau kita nawarnya terlalu rendah.

        Selamat berbelanja deh ya kalau begitu

        Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. Semoga membantu

  26. Sis, saya rencana berangkat bulan Desember Tgl 24 des, membawa anak2 apakah cuaca sangat ekstrim? Dan bisa minta tolong perkenalkan tour guide yang hak terlalu mahal , ini alamat email saya mohon petunjuknya trims much
    Minififi77@yahoo.com

  27. Hallo mba Febi, salam kenal ya,

    Saya berencana ke Beijing 29-30 Oktober 2013 ini,nginap semalam di hotel daerah Wangfujing, rencananya hari pertama mau ambil paket tour one-day, trus hari ke-2 mau belanja2.
    Kalo dari hotel saya di Wangfujing, mba Febi boleh rekomendasiin saya gak untuk belanja di 3 tempat seharian dengan taksi, kalo iya, tempat belanja apa aja ya mbak (urutannya). Lebih pengen belanja oleh2, baju2 cowok dan liat elektronik. Makasih ya mba

    Regards,
    Boby

  28. Salam

    Tq atas tips & info yg dikongsi..
    Banyak sekali infonya.. Siap bagitau price range lagi..
    Saya turis dari malaysia akan ke beijing dec 2013 nanti..

    • Salam,

      terima kasih telah berkunjung ke blog saya dan selamat menikmati Beijing… =)

  29. Sy n anak (3th) rencana ke Shanghai awal November. Cuaca di sana gimana ya. Untuk perkiraan bawa baju apa. Hee

  30. Hi mbak Febi

    Saya rencananya mau ke BJ 1 minggu lagi, pernah ke Great Wall Mudianyu nggak mbak?

    maaf ada pin bb or no telp gak biar enak komunikasinya ntar hehe saya 23bab377, 0811603045

  31. hai feby, januari depan sy rencana ke beijing dgn suami. kalau di daerah forbidden city, hotel apa ya kira2 yg dekat dgn subway station n harganya terjangkau, dibawah 1jt permlm. trus mau nanya juga, kalau naik bus disana, gmn caranya ya? terutama pas turun dari bus. apa perlu pencet tombol (seperti di singapore), atau si bus akan otomatis berhenti disetiap station? thank u

    • Hi Mbak Popy,

      Untuk hotel daerah Forbidden City sebenarnya saya kurang tahu, karena kebanyakkan daerah wisata dikelilingi oleh hotel-hotel yang bisa dibilang cukup mahal. Range harga hotel di Beijing sendiri sebenarnya juga cukup tinggi.

      Untuk naik bus, jika tidak punya kartu bus maka bisa membeli tiket seharga 1 RMB dan tidak perlu pencet tombol untuk turun karena bus dipastikan akan berhenti di setiap halte. Semua halte bus di beijing ditulis dengan hanzi/kanji.

      Semoga membantu, ya
      Terima kasih telah membaca blog saya

      • thank u very much ya… sangat membantu sekali. kalau mau beli tiket kereta D313 Beijing ke shanghai baiknya beli dmn ya? Kalau beli di beijing south railway station susah nggak ya?

      • Saya belum pernah membeli tiket bullet train ke Shanghai.
        Tapi dari pengalaman saya membeli bullet train ke Tianjin, seharusnya tidak terlalu sulit.
        Apalagi di sana sudah ada penjual tiket elektronik.
        Beijing sudah semakin ramah terhadap turisnya.

        Senang bisa membantu

  32. hi febi salam kenal

    saya n suami akhir nov mau ke beijing, apakah sulit untuk naik subway jika kita tdk bs bahasa mandarin?

  33. Terima kasih untuk yang sudah berkunjung ke blog saya.
    Maaf jika ada beberapa pertanyaan yang tidak sempat saya balas karena jujur beberapa bulan ini saya tidak sempat mengecek blog saya.

    Selamat membaca postingan-postingan lainnya

  34. mba kalau beijing taishun business hotel apakah hotel yg bagus n nyaman? Utk 4days trip kira2 bawa uang saku berapa ya mba? Thanks

    • Dear Mbak Loviendra,

      Sebenarnya saya kurang tahu dengan hotel yang Mbak sebutkan, tetapi kalau saya lihat di Google tampaknya hotel tersebut cukup memadai. Mungkin sedikit kurang nyaman karena kebanyakkan pelayanan di Beijing sedikit tidak memuaskan dan jarang sekali yang bisa berbahasa selain bahasa Mandarin.
      Untuk uang saku 4 days trip sebenarnya tergantung kebutuhan juga. Kalau memang diniatkan untuk berbelanja mungkin bisa bawa sampai RMB 5000, kalau memang hanya untuk berjalan2 bisa bawa hanya RMB 2000-3000

      Semoga membantu, ya

      Terima Kasih

  35. Salam kenal mbak Febi,
    Ijin nyimak postingan2nya khususnya tentang wisata Beijing dengan sentuhan personalnya.
    Selamat berkarya, salam

  36. Hi mau tanya kalau ke fuzhimen market naik apa sama exit nya dmn ya?..

    • Hi Mbak Yuri,
      Kalau ke Fuzhimen bisa naik subway line 2 berhenti di Fuzhimen Station.
      Di stasiunnya akan ada petunju berbahasa Inggris exit mana yg harus diambil jika mau ke Fuzhimen Market

      Semoga membantu, ya

      Thx

      • Wahhh thx infonny..sangat membantu sekali..

  37. Hai mba feby salam kenal.. Mau tanya mba feby tau ga tempat yg jual tas2 original tp yg made chinanya mba? Ato tempat yg jual tas2 branded kw yg mirip asli kaya yg banyak dijual di indo sini dmn ya? Makasih :)

    • Hai Mbak Dena,

      Maaf ya terlambat reply-nya

      Kalau tas-tas original made in China sih bisa dicek di mall-mall yang ada di Xidan
      Kalau tas KW, ada di Silk Market atau Yashow sebagaimana yang saya tulis di postingan ini

      Semoga membantu, ya

      Terima Kasih

  38. hai mbak feby, salam kenal..
    tgl 14 nov rencana saya dan teman2 ke beijing backpacker, dan sampai di bandara PEK jam 1 pagi, kira2 kalau tidur di bandara bisa ga yah?
    terus mbak feby bilang di atas, semua halte tulisannya kanji, apa betul begitu mbak?apa supir busnya bisa bahasa inggris?
    mbak feby,apa kenalan anak mahasiswa di beijing yg bisa bantu utk guide yah?
    makasih mbak feby.

  39. halo mba Feby.. kyknya tulisan kamu ini di”tulis ulang” di website koran sindo.. :(

    http://www.koran-sindo.com/node/384492

    btw thanks bgt info nya.Saya memang paling suka baca tip2 shopping dari blog2 gini..informative bgt

    • Hi Mbak Ratna,

      Saya sudah menuju ke TKP dan sepertinya konten tersebut memang seperti tulisan saya.
      Terima kasih atas informasinya.
      Saya akan coba menelusuri

      Dan, saya senang sekali jika tulisan saya bisa membantu.

      Terima kasih telah berkunjung =)

  40. hi..feb..
    cara jelasnya mau ke WuDaoKou Fuzhuang ShiChang dan DongWuYuan Fuzhuang ShiChang (Zoo Market) gimana yah? ngak dijelasin turun disubway mana dan exitnya. jam bukanyanya sampai malam apa ampe sore aja?

    • Hi Hilda

      Okay, berikut petunjuknya

      Kalau mau ke Wudaokou Fuzhuang ShiChang, pertama2 yg harus dilakukan adalah ke daerah Wudaokou dengan naik subway Line 13, exitnya cuma ada 2 dan yg manapun gak masalah. Setelah itu, naik bis turun di ChengFuLu Kounan, ada banyak bis yg menuju ke sini, salah satunya bus nomor 331. Setelah turun, seberangi jalan dan Wudaokou Fuzhuang ShiChang ada di sekitar situ.

      Nah, kalau ke DongWuYuan Fuzhuang ShiZhang bisa naik subway line 4 dan turun di stasiun DongWuYuan. Saya lupa exit-nya, tapi yang jelas dia ada di seberang DongWuYuan (Zoo) persis. Jadi pilih ke exit yg berseberangan dengan exit-nya DongWuYuan.

      Dan, kedua tempat tersebut hanya buka sampai jam 5 sore.
      Jadi, time management is important ^^

      Begitulah… Semoga membantu, ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 193 other followers

%d bloggers like this: